Wednesday, September 7, 2011

Wanita Tertarik Cerita Perkosaan

Banyak orang menganggap bahwa laki-laki yang memang memiliki agresivitas seks lebih tinggi, otomatis akan lebih menyukai kisah kriminal yang berkaitan dengan hal tersebut dibandingkan wanita.

Namun wanita ternyata lebih cenderung menyukai buku yang mengisahkan kisah nyata tentang pemerkosaan, pembunuhan maupun pembunuhan berantai, ungkap sebuah studi baru.

Menurut penelitian, wanita tertarik dengan buku yang berkisah tentang kejahatan karena bisa membantu mereka mencegah atau setidaknya, melawan tindak kejahatan terhadap diri mereka.

Misalnya, dengan memahami mengapa seorang individu memutuskan untuk membunuh, seorang wanita dapat mempelajari tanda-tanda peringatan misalnya dengan memperhatikan kekasihnya yang cemburu berlebihan atau diculik orang asing. Dengan belajar tips melarikan diri, wanita bisa belajar strategi kelangsungan hidup yang dapat mereka gunakan jika benar-benar diculik atau ditawan.

Namun terdapat kemungkinan bahwa membaca buku-buku ini sebenarnya dapat meningkatkan rasa takut yang sangat sehingga mendorong wanita menjadi paranoid.

Dalam edisi perdana Social Psychological and personality Science, penulis Amanda M. Vicary dan R. Chris Fraley mengungkapkan, seorang wanita yang khawatir akan menjadi korban kejahatan sehingga ia beralih ke buku yang mengisahkan kisah nyata tentang kejahatan, diduga kuat merupakan upaya dalam mempelajari strategi dan teknik untuk mencegahnya menjadi korban kejahatan.

Dengan membaca buku tentang kisah kejahatan, wanita juga bisa belajar tentang karakter penjahat dan korbannya, sehingga meningkatkan kewaspadaan. source

No comments:

Post a Comment