Wednesday, September 7, 2011

Kedelai Mampu Turunkan Kadar Kolesterol

Jika anda masih pusing dengan kadar kolesterol yang mudah naik, kini anda tenang saja, mulai saat ini coba perbanyak makan kedelai dan kacang-kacangan berprotein. Hal ini terbukti dengan orang yang mengikuti pola makan kombinasi makanan berprotein, seperti kedelai, kacang-kacangan, dan kandungan sterol selama enam bulan mengalami penurunan kadar kolesterol lebih drastis ketimbang yang menjalani diet rendah lemak jenuh.

David JA Jenkins MD dari Rumah Sakit St Michael dan University of Toronto melakukan percobaan dengan membandingkan dua jenis diet selama 6 bulan.

Penelitian pun dilakukan dengan melibatkan 351 peserta dengan hiperlipidemia yakni gejala saat seseorang kelebihan kolesterol di dalam darahnya. Penelitian dilakukan di 4 pusat akademik di Kanada yakni Quebec City, Toronto, Winnipeg, dan Vancouver secara acak antara Juni 2007 dan Februari 2009.

Peserta menerima rekomendasi diet selama 6 bulan yakni diet rendah lemak jenuh dan diet kacang berprotein.

Para peneliti menemukan bahwa kelompok dengan diet kacang berprotein menagalami penurunan kolesterol LDL (kolesterol low-density lipoprotein) hingga 13 persen, sedangkan mereka yang menjalani diet rendah lemak jenuh hanya mengalami penurunan sebesar 3 persen.source

No comments:

Post a Comment