Sunday, March 11, 2012

Olahraga Ini Membuat Anda Bahagia

Apakah Anda merasa selalu uring-uringan setiap hari? Suasana hati kacau tanpa sebab? Bisa jadi, Anda kurang berolahraga.

http://010quban.com/wp-content/uploads/2011/05/butterfly-swimming.jpg

Cukup mencoba beberapa olahraga berikut ini, Anda bisa menaikkan mood Anda dan membuat Anda merasa lebih bahagia. Seperti dilansir melalui iDiva, inilah olahraga yang bisa membuat kita bahagia. yuk, kita intip.

http://3.bp.blogspot.com/-OSje4umCZoI/TWpG_agZG5I/AAAAAAAADXQ/FXYCJlACW2w/s1600/sports.JPG

1. Berenang
Kapan terakhir Anda melompat ke kolam berenang? Berenang merupakan salah satu jenis olahraga sehat. Berenang juga bisa membakar sampai 300 kalori setiap jam. "Berenang membantu melonggarkan tubuh dan mengencangkan otot Anda. Olahraga ini amat baik bagi penderita Asma." kata Althea Shah, pelatih kebugaran di Gold Gym.


2. Menari
Bila Anda ingin olahraga yang sedikit berbeda, mungkin Anda bisa mencoba menari. Apapun jenis tarian merupakan cara efektif untuk bersenang-senang dan membuat perasaan Anda lebih baik. Menari tak hanya terbatas di klub, tapi Anda bisa melakukannya di tempat gym bahkan di rumah. Pilih musik dan tarian kesukaan Anda, pakai busana yang membuat Anda nyaman dan menarilah! "Anda bisa mempelajari suatu jenis tarian dan menggunakannya untuk berolahraga. Salsa merupakan tarian yang difavoritkan. Cari pasangan dan ciptakan keintiman sehingga menaikkan mood Anda," tambah Althea.


3. Olahraga Outdoor
Olahraga outdoor lebih bersifat petualangan yang memacu adrenalin dan sangat cocok untuk menghilangkan stres. Cobalah bungee jumping, parasailing, rafting, naik gunung, panjat tebing hingga surfing. "Olahraga ini memerlukan energi dan menggunakan otot. Aktivitas ini bekerja pada kaki, tangan dan perut sehingga tubuh menjadi bugar," tambahnya.


4. Jalan Kaki
Berjalan merupakan aktivitas yang diperlukan untuk menjernihkan pikiran dan membuat Anda rileks. Berjalan santai juga membantu menaikkan mood Anda. Cobalah berjalan sambil mendengarkan musik di iPod, biarkan pikiran Anda tenang dan hiruplah nafas dalam-dalam. Yuk, rutin lakukan jalan santai setiap pagi atau sore hari di taman kota atau kompleks sekitar rumah.


5. Skipping
Skipping atau lompat tali tak hanya bisa membuat Anda keringatan, tetapi juga membuat badan Anda bugar. "Mulai perlahan-lahan melompat minimal 100 kali dengan jeda diantaranya." Melompat tali secara rutin akan melepaskan hormon endorphin, sejenis hormon yang memberikan perasaan senang.

http://img.metro.co.uk/i/pix/2008/09/skipping_450x364.jpg

sumber :http://id.she.yahoo.com/

Keuntungan Olah Raga Malam Hari

Sulit bangun pagi atau tak sempat berolahraga di pagi hari? Luangkan saja waktu untuk berolaharaga pada sore atau malam, sepulang kerja.
http://media.vivanews.com/thumbs2/2008/10/31/57435_efektif_di_pusat_kebugaran_300_225.jpg
Beberapa penelitian menunjukkan kalau olahraga pada pagi hari lebih efektif membakar kalori dibandingkan sore atau malam hari. Tapi, ada empat keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menutup hari dengan berolahraga.

Berikut empat manfaatnya, seperti dilansir FitSugar.

Pilihan sehat dan hemat
Mengikuti kelas aerobik atau dansa sepulang kerja, merupakan pilihan tepat dan sehat. Ini membuat Anda teralihkan dari aktivitas yang justru tidak sehat. Seperti, minum-minum, makan malam di luar, atau berjam-jam menonton televisi sepulang kerja.

Tidur lebih lelap
Jika Anda termasuk orang yang justru lebih berenergi pada malam hari, lakukan saja senam di rumah atau latihan kardio dengan treadmill. Begitu juga saat sulit tidur. Olahraga akan membuat Anda tidur lebih mudah dan saat bangun pagi dengan segar.

Lebih konsisten
Telah mencoba olahraga pagi hari tapi tak bisa konsisten? Cobalah untuk mengganti waktu olahraga. Dengan waktu olahraga yang pas dan membuat Anda nyaman, latihan pun cenderung dilakukan dengan lebih konsisten.

Mengurangi level stres setelah bekerja
Tumpukan pekerjaan dan deadline selalu menimbulkan stres. Olahraga adalah cara paling tepat untuk menurunkan level stres. Jadi, setelah penat bekerja, kembalikan fokus pikiran energi Anda dengan berolahraga.
• VIVAnews