Sunday, August 7, 2011

Bahaya Sodium Yang Berlebihan

Memang rasanya ngga enak kalau makan seautu yang rasanya hambar atau kurang garam. Kita sangat tergantung dengan garam untuk menambah rasa pada makanan kita. Tapi, terlalu banyak garam atau sodium juga tidak baik untuk kesehatan kita. Memang, sodium tidak hanya didapat dari garam saja, namun juga dari sumber yang lain seperti MSG, baking soda, baking powder, makanan kaleng, daging, kerang dan susu.


Sebenarnya sodium jika digunakan dalam jumlah sedikit dapat memberikan manfaat bagi tubuh seperti menyeimbangkan cairan dalam tubuh, menjadi transmitter untuk merangsang saraf dan membuat otot-otot menjadi rileks.

Masalah bisa muncul jika kita mengkonsumsinya dalam aturan yang tidak terbatas. Salah satu organ tubuh yang menyeimbangkan kadar sodium dalam tubuh adalah ginjal. Jika jumlah sodium rendah, maka ginjal tidak akan mengeluarkannya ke luar tubuh, sebaliknya ginjal akan mengeluarkan melalui urin jika kadar sodium tinggi. Itu kalau ginjal sehat. Bagaimana kalau dalam keadaan sakit? Bila ginjal tak mampu lagi berfungsi dengan baik, kerja jantung pun akan meningkat karena sodium akan naik ke daerah bagian atas tubuh terutama bagian jantung.

Untuk mengurangi penggunaan sodium yang berlebih ada beberapa cara yang dapat anda lakukan seperti memilih buah dan sayur yang masih segar karena mengandung sodium yang sangat rendah. Atau mengurangi pemakaian garam di setiap masakan serta mengurangi bumbu penyedap.
 
 

No comments:

Post a Comment