Saturday, August 20, 2011

Tips Agar Blog Banyak Pengunjung

Ada waktu yang berharga yang pernah dialami oleh para blogger, yaitu dimana baru memulai membuat blog yang hanya mempunyai satu orang pembaca/pengunjung setia yaitu sahabat sendiri (Anda).

Mungkin beberapa hari kemudian, sahabat bisa mendapat tambahan pengunjung karna memberitahukan pada adik (misalnya), kakak, orang tua, pacar, teman, atau orang lain yang belum sahabat kenal.

Ada 10 teknik agar blog sahabat banyak pegunjungnya, atau saya berikan judul ini dengan “Tips agar blog banyak pengunjung”.

Berikut ini ada 10 teknik agar blog sahabat mendapatkan pengunjung, diantaranya:

1. Tulislah sedikitnya 5 artikel utama

Artikel utama adalah merupakan model artikel tutorial yang bertujuan mengajarkan sesuatu pada pembaca/pengunjung. Artikel utama ini biasanya terdiri lebih dari 500 kata dan juga berbentuk tips-tips atau nasihat-nasihat. Artikel yang sekarang sedang sahabat baca salah satu contohnya.
2. Tulislah sedikitnya 1 posting sehari

Ini akan terkesan baik bagi pengunjung, karena mereka memandang blog sahabat selalu di update tiap waktu dan mereka kemungkinan akan berkunjung kembali esok harinya untuk melihat yang terbaru.
3. Gunakan nama domain

Jika sahabat serius dalam dunia blogging, maka saya sarankan agar menggunakan nama domain yang sudah umum dipakai dan dengan nama domain yang simple dan mudah diingat. Seperti menggunakan nama domain (.com, .net, dll).
4. Berkomentar di blog orang lain

Salah satu cara mendapatkan pembaca ialah dengan aktif berkomentar di blog orang lain. Apalagi kotak komentar saat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas link URL dimana bila suatu saat pemilik blog yang sahabat berikan komentar bisa dengan mudah mengklik link sahabat, dan tentunya itu bermanfaat untuk mendapat pengunjung baru.
5. Sertakan link blog orang lain (trackback) pada posting

Trackback itu merupakan percakapan antar pemilik blog. Cara ini memang salah satu teknik yang bisa membantu mendapatkan pengunjung, karena trackback ini bisa memberikan perhatian bagi pemilik blog lain dan pasti akan dengan senang hati pemilik blog lain akan melihat dan memantau dari apa yang sahabat tuliskan kembali ringkasan artikel mereka dengan disertai link ke mereka. Mereka mungkin suatu saat bisa menjadi pengunjung setia blog sahabat, atau setidaknya memantau blog sahabat.
6. Anjurkan orang lain untuk berkomentar

Untuk menganjurkan pengunjung meninggalkan komentar, sahabat bisa menyertakan pertanyaan pada tiap posting, seperti misalnya: “Bagaimana menurut anda?” atau “Anda punya tips lain?” dan lain-lainnya yang sahabat bisa kembangkan sendiri.
7. Daftarkan posting pada Blog Carnival

Blog Carnival adalah kumpulan ringkasan artikel dari berbagai blog/website dan berbagai topik-topik tertentu yang berbeda pula.
Situs Blog Carnival bisa di akses di www.blogcarnival.com
8. Daftarkan blog pada Blogtopsites.com

Klik www.blogtopsites.com, kemudian cari kategori yang sesuai dengan blog sahabat dan kemudian klik “Submit”. Kemudian setelah itu sahabat dapat men-Copy paste kode yang tersedia pada blog sahabat.
9. Daftarkan artikel pada EzineArticles.com

Cara ini memang tidak langsung mendapat banyak pengunjung secara instans, akan tetapi ini dapat bermanfaat juga karena bisa jadi artikel sahabat bisa diterbitkan kembali oleh orang lain dan akan lebih beruntung bila diserkan juga link ke blog sahabat.
10. Perbanyak artikel

 Ada yang bilang bahwa banyak artikel/posting, maka banyak pula pengunjungnya. source

No comments:

Post a Comment