Saturday, August 20, 2011

Cara Memulai Bisnis Online (Bisnis Internet)

Bisnis internet.. apa ya itu ? semua orang pada browsing2 untuk cari tahu bagaimana bisa menghasilkan uang online.. mulai dari ikut investasi online sampe arisan berantai online bahkan MLM online. Semua itu menghasilkan, namun sayangnya testimoni orang yang berhasil sangatlah sedikit. Lalu bisnis online apa yang bagus dan prospeknya menjanjikan ??

Kata kunci utamanya adalah Blog aka Website, untuk itu anda harus punya keahlian dalam ngeblog baik dengan menggunakan CMS (seperti WordPress atau Blogspot).

Lalu apa yang bisa dihasilkan dari blog ?

Blog yang berisi informasi dan bermanfaat serta banyak dikunjungi memiliki prospek yang baik untuk di bisniskan, anda bisa bekerja sama dengan perusahaan luar negeri yang pengen numpang tempat di blog anda.

Syarat utama untuk membuat blog monetizasi :

1. Konten harus unik dan dibutuhkan banyak orang dan berkonten English (wah gk pandai bhs Inggris ? tenang, banyak jasa writing jadi anda tak perlu khawatir)
2. Top Level Domain (TLD) contoh domain TLD adalah .com, .net, .org, dan .info mengapa? karena blog dengan domain TLD akan menambah kepercayaan pengunjung dan sangat akrab dengan Search Engine seperti Googel.
3. Self Hosted, maksudnya domain anda berada pada server yang bisa diatur sendiri bukan free hosted seperti domainku.wordpress.com atau domainku.blogspot.com, hal dasarnya karena mudah menempatkan kode javascript karena anda akan diberikan kode ini dari perusahaan yang bekerjasama dengan anda.

Bila anda ada cara lain silahkan, tetapi menurut pengalaman cara diatas paling menunjukkan hasil yang baik.

Berikut ada beberapa yang bisa anda ikuti dan sudah memiliki banyak bukti berhasil :


1. Adsense, pastinya sudah pernah dengar bukan ? sistem bisnisnya adalah pemasangan iklan, dimana anda akan dibayar setiap klik iklan dari pengunjung yang datang ke blog anda. Contoh perusahaan penyedia adsense yaitu : Google Adsense, Smowtion, Chitika, Bidvertiser, dan lain-lain.
2. CPA (Cost Per Action), adalah perusahaan penyedia survey untuk keperluan perusahaan tertentu. Caranya yaitu dengan memasang overlay atau gateway (bendungan) sebelum masuk kedalam blog anda. Jadi pengunjung wajib isi survey baru bisa lihat isi blog anda, untuk itu isi blognya pun harus berkonten premium yang nggak mudah didapat di pasaran internet. Contohnya yaitu : CPA Lead, Dollarade, Leadbolt, dan lainnya.
3. Jual beli online, yang dimaksud disini bukan berarti anda harus jualan barang online.. tetapi anda hanya memasarkan produk dari perusahaan jual beli online. Tentunya anda tidak perlu kasir, jasa pengiriman dan stock karena perusahaan tersebut sudah menyediakan semuanya. Contoh : Amazon, ebay, dan sebagainya.
4. Pay Per Install, seperti namanya yaitu dibayar jika pengunjung melakukan penginstalan produk/software perusahaan tersebut. Contoh Pay Per Install yaitu : Loudmo, Pinball, dan sebagainya

Lalu bagaimana cara pembayarannya ? ini akan saya ulas pada postingan lainnya, ditunggu yah ?

Untuk sementara beberapa hal diatas yang bisa anda jadikan patokan awal untuk memulai bisnis online, sebenarnya masih banyak sumber pundi2 lainnya namun mungkin masih belum berkembang. Namun percayalah dunia online akan terus berkembang dan banyakkesempatan untuk meraup uang di internet. source

No comments:

Post a Comment