Tuesday, August 2, 2011

Tips Menguatkan Ingatan

Ada cara sederhana bagi kita untuk menguatkan ingatan. Kita akan menjadi lebih terkenal dan lebih berkesan bagi kenalan baru kita jika kita dapat dengan mudah mengingat fakta-fakta sederhana tentang mereka.

Bayangkan jika kita mampu mengingat nama seseorang dan rincian percakapan terakhir dengan mereka. Orang-orang akan mulai menyukai dan mempercayai kita lebih ketika kita berhubungan dengan mereka pada tingkat yang lebih pribadi.

Berikut 3 tips yang dapat membantu kita mempuanyai kuat ingatan dan mendapatkan kontrol yang mereka inginkan 
  
Bermain puzzle setiap hari
Sama seperti latihan fisik memperkuat otot-otot dan jantung kita juga meningkatkan kesehatan, latihan otak memperkuat hubungan antara sel-sel otak membangun yang baru dan daya ingatan. ini adalah salah satu cara yang menyenangkan untuk meningkatkan memori dengan menyelesaikan teka-teki matematika, seperti sudoku, atau memecahkan jigsaw puzzle. Teka-teki jenis ini dapat membantu untuk meningkatkan ingatan dengan cara mendorong kita untuk menentukan pola dan membuat asosiasi yang benar untuk menyelesaikan tugas ini.

Otak manusia menyimpan kenangan dengan mudah, tetapi untuk mengingat memori, otak kita harus menemukan link untuk ke sana seperti dengan memori lain. Oleh karena itu, bila kita dapat dengan cepat mengenali pola-pola ini, berarti kita benar-benar melatih otak kita dengan benar.
 
Memperhatikan pekerja harian dengan kesadaran penuh

Pengamatan adalah kunci di sini. Mengatakan dengan keras ketika kita melakukan suatu tugas bisa membantu meningkatkan daya ingat dan libatkan sebanyak mungkin indra untuk memperkuat kesan. Mungkin ini akan tampak konyol pada awalnya, akan merasakan hasilnya segera.

Dengan demikian, jika informasi tidak mendapatkan cukup penguatan ke memori kita oleh persepsi semua panca indera, otak hanya mengambil sinyal yang disebarkan oleh salah satu indra yang berhubungan langsung dengan informasi tersebut.

Jadi apa yang kita lakukan di sini, adalah berusaha untuk meningkatkan konsentrasi pada tugas yang dihadapi.

Kunci untuk bisa mengingat secara visual rincian kejadian adalah menghubungkan semua informasi bersama-sama dengan pencitraan panca indra kita. Dan membuat otak kita lebih mudah mengingat ketimbang gambar huruf atau angka. Ini adalah teknik yang sangat sederhana, tapi memerlukan beberapa latihan.
 
Visualisasikan skenario di benak Kita

Kita berusaha untuk membuat film dari informasi yang kita dapat untuk kita ingat. Dengan menghubungkan informasi dalam bentuk gambar dengan urutan yang masuk akal kiita sedang menciptakan film kecil kita sendiri.

Memori visual jauh lebih kuat daripada ingatan verbal. Dengan menambahkan elemen visual untuk informasi akan membuatnya lebih mudah untuk diserap. Kita dapat dengan mudah mengingat hal-hal dengan menggunakan teknik ini dibanding dengan teknik yang lain.

Permainan memori dan tes memori adalah cara yang bagus untuk memperkuat hubungan antara sel-sel otak, membangun sel-sel baru dan meningkatkan ingatan. Dan enaknya lagi kita menikmati permainan itu sendiri!

Kita sekarang tahu bahwa hubungan antara perubahan sel-sel otak sehari-hari seperti dengan belajar hal baru atau dengan mendapatkan pengalaman baru. Dan itu adalah sebuah kabar baik, karena berarti, selalu ada ruang untuk meningkatkan dan dengan memperpanjang daya ingat.
 
 

No comments:

Post a Comment