Thursday, February 9, 2012

Withdrawal Balance Paypal Beda Nama di Rekening Bank

3 hari yang lalu saya mencoba melakukan penarikan balance paypal. akun paypal ini kena limit 180 hari. Awalnya, beberapa hari yang lalu saya  dapet email dari paypal bahwa Your PayPal Funds are Eligible for Withdrawal. Hm... seneng rasanya tapi setelah saya login ke paypal mendadak kaget, coz baru inget ternyata nama akun di paypal saya jauh berbeda dengan nama di rekening. Ambil Contoh saja nama di paypal saya, "Roni Prasetyo" (2 kata) sementara nama direkening bank mandiri "muhammad bambang yudoyono" (3 kata). tuh kan beda sekali bukan? dag dig dug.

Sempet muter2 di google sampek teler, kebanyakan saran dari mereka adalah minta change name account alias ganti nama akun di paypal. tapi cara tersebut cukup ribet coz kita perlu scan bukti bahwa nama kita ganti secara sah dimata hukum. ada juga yang bilang klo Withdrawal dengan mana berbeda bisa kena charge $5 secara otomatis dan transaksi gagal atau ACH Withdrawal Denied. duh penuh dilema. Balance paypal saya  $65, angka yang sangat  bernilai buat seorang blogger pemula seperti saya.

Akhirnya dengan penuh tekat saya mencoba melakukan Withdrawal to Bank account meskipun dengan nama jauh berbeda.

Satu hari setelah proses penarikan dag dig dug derrr... status masih pending alias transfer in process.

Mlm ini adalah hari ke 3 proses penarikan. saat artikel ini saya tulis saya mendapati bahwa status  Withdrawal sudah COMPLETED tapi ternyata saya cek di rekening mandiri uangnya belum masuk. hikz hikz. tambah dag dig dug.

Hari ini kamis mlm jumat 09/01/2012, berharap besok siang/pagi uang itu muncul di bank/ Withdrawal rejected. besok saya kasih update hasilnya. mo tidur.. hoaam...

+++++++++++++++++ update ++++++++++++++++++

ALHAMDULILLAHIROBBILALAMIEN... pagi ini pukul 09:15 tanggal 10/02/2012 akhirnya duitnya masuk ke rekening bank mandiri ane dengan selamat. 

 Saatnya mencoba menganalisa dan sharing dugaan-dugaan sementara:

Fakta No.1
Ada  fakta penting yang mesti anda ketahui tentang paypal
- paypal tidak bisa melihat nama direkening bank kita. mereka hanya minta nomor rekening yang fresh alias belum pernah dipakek buat penarikan paypal sebelumnya, dan code bank/IBN yang benar untuk proses penarikan hingga berstatus completed. ketika status sudah completed. artinya pihak paypal sudah mengirim dana ke no. rekening bank kita. hanyak saja bank kita belum approve untuk didebit ke tabungan.
Fakta No.2
Ada  Fakta penting yang mesti anda ketahui tentang rekening di bank.
- rekening bank hanya mampu menampilkan nama hingga 20 digit termasuk spasi. artinya jika nama lengkap anda "muhammad bambang yudoyono" maka yang tampil di layar monitor kasir bank hanya " muhammad bambang yudo"

nah, trus apa hubungannya?
kita bisa mengakali hal ini. Setiap  melakukan penarikan uang di paypal dengan nomer rekening yang baru, kita diminta mengisi nama depan. Jadi misal nama di akun paypal anda "Roni Prasetyo" maka pihak paypal minta kata " RONI" di ganti/ diisi dengan nama lengkap kita.
Jadi waktu itu saya langsung isi nomer rekening, IBAN, dan nama lengkap saya seperti di rekening bank misalnya Muhammad Bambang yudoyono. sehingga pada akun paypal akan terdeteksi Bank account number: "123xxxxxx" name: "Muhammad Bambang Yudoyono Prasetyo"
well, jadi panjang banget kan namanya.
Skenario penarikan ini bisa completed (dari pihak paypal) jika:
1. nomor rekening anda masih fresh / belum pernah dipakek transaksi apapun dipaypal.
2. anda mengisi IBAN/ code bank dg benar.
3. Nama beda tidak menjadi masalah karena kita tau ada fakta no.1  seperti yang saya tulis diatas.

Sekarang Skenario di bank:
Saat Teler bank Pusat jakarta menerima notifikasi dari pihak paypal bahwa ada transferan dana untuk nasabah mereka maka pastilah pihak paypal mengirim notifikasi dengan isi berikut ini:
Type: Transfer to bank account (contoh misal)
Transaksi ID: PPXXX123XXX (no transaksi PP kita)
Code Bank: 123456 (contoh)
Account Name: Muhammad Bambang Yudoyono Prasetyo (kyk kereta haha)
Account Number: 123123432344499( no rek kita)
Amount: Rp 568.542 IDR (sperti screenshot paypal dibawah)

Teler bank dijakarta langsung melakukan berbagai validasi, barulah melakukan proses debit ke rekening kita.
Apa yang terjadi? yang terjadi adalah Fakta no.2 yang sudah saya jabarkan diatas.
Pihak bank pertama akan memasukkan nomor rekening kita. dan muncul disitu nama saya Hanya: "muhammad bambang yudo" sampai disini saya yakin pihak bank kita sama sekali tidak mencurigai. karena jelas2 di notifikasi paypal terluris nama kita Muhammad Bambang Yudoyono Prasetyo. dan hasilnya.... Teler bank mengirim ke rekening kita dengan selamat. Alhmdulillah.. hehehehe


Lalu bagaimana jika namanya cuman pendek2? pastilah kelihatan sekali kalo namanya berbeda. problem ini ada  yang bilang bisa diatasi saat payment completed kita nelpon ke bank agar mau menerima uang dari paypal kita dengan beda nama.


Nb 1: semua Ulasan diatas hanya dugaan dan analisis saya semata berdasar pengalaman pribadi. Smoga curhat kali ini bisa bermanfaat buat temen2 yang kesulitan pencairan dana di paypal.

Nb 2: buat temen2 yang perlu data2 scan buat lepas limit paypal ane bisa sediakan Template dalam bentuk PSD photoshop yang bisa diedit nama dan alamat sesuai data di paypal temen2.
berikut ini:
Proff  PHOTO-ID : scan KTP
Proff  of address : Scan Statemen CC bank BCA, Mandiri, HSBC
Proff address : Bill / Statemen Telkom
Contact me klo mau order

ini dia srceenshootnya: (saldonya dikit- maklum blogger pemula haha)


No comments:

Post a Comment